Bimtek Depresiasi Penyusutan Aset Tetap

Bimtek Depresiasi Penyusutan Aset Tetap

Aset tetap digunakan dalam kegiatan yayasan akan mengalami pengurangan nilai dgn pengecualian pada beberapa jenis aset. Dalam akuntansi yang dimaksud dengan penyusutan adalah alokasi sistematis jumlah tersusutkan aset selama umur manfaatnya, jadi, penyusutan merupakan pengalokasian harga perolehan aset tetap selama masa penggunaannya.

Ada beberapa faktor yang menentukan beban penyusutan antara lain :

  1. Harga perolehan,yang dapat diartikan sebagai biaya perolehan dengan definisi seperti yg telah diungkapkan sebelumnya, harga perolehan merupakan hal yang penting dalam menghitung beban penyusutan.
  2. Nilai Sisa (Residu), yaitu taksiran realisasi (penjualan melalui kas) asset tersebut setelah akhir penggunaannya atau pada saat mana aset tersebut harus ditarik pada kegiatan operasional. Nilai sisa ini tidak harus ada, bisa saja harga pada saat itu nihil. Apabila sulit untuk menentukan nilai sisa, maka nilai sisa = Rp. 1/ Rp. 0
  3. Masa manfaat, yaitu yaitu ekspektasi daya pakai dari aset dan ekspektasi tingkat keausan fisik. Cara praktise menggunakan kriteria masa manfaat sesuai peraturan perpajakan.

Metode PenyusutanJumlah yang disusutkan dari suatu aset tetap harus dialokasikan secara sistematis sepanjang masa manfaatnya. Metode penyusutan yang digunakan mencerminkan ekspektasi pola pemakaian manfaat ekonomiks masa depan aset oleh entitas. Beban penyusutan pada setiap periodeharus diakui sebagai beban untuk periode yang bersangkutan, kecuali sudah termasuk dalam nilai tercatat aset lain.Lembaga dalam menentukan metode penyusutan tentunya harus konsisten, artinya apabila dalam satu periode akuntansi sudah memilih metode garis lurus maka untuk periode akuntansi berikutnya harus menggunakan metode penyusutan yang sama, maka kami dari Yayasan Manajemen Training Center Indonesia ( MTCI ) akan Melaksanakan kgiatan dengan tema : Diklat Mengenai Depresiasi Penyusutan Aset Tetap yang akan dilaksanakan pada jadwal terlengkap di bawah :

 [table “13” not found /]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.